Dampak Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar Pada Transportasi Darat di Jakarta: Studi Kasus Perjalanan Angkutan Pegawai Perkantoran Kementerian Kelautan dan Perikanan
The Impact of The Application of Large-Scale Social Restrictions on Land Transportation in Jakarta: A Case Study of Transportation for Officer of The Ministry of Marine Affairs and Fisheries
Abstract
Sebagai kota metropolitan Jakarta memiiki banyak perkantoran sebagai pusat bisnis dan kegiatan pemerintah pusat. Keberadaan perkantoran tersebut membutuhkan suatu mobilisasi bagi para pegawai yang umumnya berada di wilayah tetangga kota Jakarta. Transportasi darat merupakan pilihan yang banyak digunakan sebagai sarana mobilisasi tersebut. Makalah ini akan menampilkan hasil study tentang pengaruh diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar yang dimulai pada bulan April 2020 untuk mencegah penyebaran penyakit Covid-19. Melalui kuisioner yang disebarkan kepada pengemudi kendaraan jemputan pegawai kantor kementerian kelautan dan perikanandi Ancol-Jakarta Utara. Hasilnya adalah PSBB telah telah membawa dampak positif berupa waktu tempuh perjalanan yang lebih singkat. Namun juga memberi dampak negatif berupa penurunan pendapatan bagi pengendara transportasi darat.
References
Anshori L. (2021). https://oto.detik.com/berita/d-5338200/jakarta-keluar-dari-10-kota-termacet-anies-dinilai-sukses-lakukan-ini diakses tanggal 20 Januari 2021.
BPS. (2021). Hasil Sensus Penduduk 2020, Berita Resmi Statistik No. 7/01/Th. XXIV, Badan Pusat Statistik dan Kementerian Dalam Negeri, 12 hlm.
Dharmowijoyo, D. B. E., Susilo, Y. O., & Karlström, A. (2015). Day-to-day variability in travellers’ activity-travel patterns in the Jakarta metropolitan area. Transportation, 43(4), 601–621. doi:10.1007/s11116-015-9591-4
Mahesa, D. (2010). Analisis Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Lama Kerja Sebagai Variabel Moderating (Studi pada PT. Coca Cola Amatil Indonesia (Central Java) ), Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro, Semarang.
Pujihastuti, I. (2010). Prinsip Penulisan Kuesioner Penelitian. Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Wilayah, 2(1), 43-56.
Prasetyo, D. (2014), Persepsi Masyakarat Dki Jakarta Terhadap Figur dan Komunikasi Politik Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Jurnal Politika, 5(2), 1-13.
Prasetyo, I., Fukuda, D., Yoshino, H., & Yai, T. (2003). Analysis of Travel Time Saving Benefit by Understanding Individual Needs and Value of Activity Time: Case Study of Tokyo and Jakarta. Transportation Research Record: Journal of the Transportation Research Board, 1854, 12–21. doi:10.3141/1854-02
Ramdhan, M. (2020). Pengaruh Pandemik Covid-19 Terhadap Tutupan Vegetasi di DKI Jakarta. Jurnal Riset Jakarta, 13(2), 49-54. doi: https://doi.org/10.37439/jurnaldrd.v13i2.33.
Tjiptoherijanto, P. (2001). Proyeksi Penduduk, Angkatan Kerja, Tenaga Kerja, dan Peran Serikat Pekerja dalam Peningkatan Kesejahteraan. Majalah Perencaan Pembangunan, Edisi 23, Bappenas, Jakarta.
Samara, D., Basuki, B., & Jannis, J. (2005). Duduk Statis Sebagai Faktor Risiko Terjadinya Nyeri Punggung Bawah Pada Pekerja Perempuan. Jurnal Universa Medicina, 24(2), 73-79.
Sekda. (2020), Peraturan Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 33 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta.
Warnars, H.L., Lanita, Y., Prasetyo, A., & Randriatoamanana, R. (2017), Smart Integrated Payment System for Public Transportation in Jakarta. Bulletin of Electrical Engineering and Informatics, 6(3), 241-249. doi: 10.11591/eei.v6i3.655.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.