Identifikasi Pulau-Pulau Di Provinsi DKI Jakarta Berdasarkan Gazeter Indonesia Unsur Rupabumi Wilayah Laut Tahun 2021

Islands Identification in DKI Jakarta Province Based on Indonesian Gazetteer Topographical Elements of the Sea Area in 2021

  • Yulius Yulius Pusat Riset Konservasi Sumber Daya Laut dan Perairan Darat, ORKM BRIN
  • Hadiwijaya Lesmana Salim Pusat Riset Konservasi Sumber Daya Laut dan Perairan Darat, ORKM BRIN
  • Muhammad Ramdhan Pusat Riset Geospasial, ORKM-BRIN
Keywords: Identifikasi Pulau, DKI Jakarta, Gazeter Indonesia, Unsur Rupabumi, Wilayah Laut

Abstract

Identifikasi pulau-pulau dilakukan pada wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu dan Kotamadya Jakarta Utara Provinsi DKI Jakarta. Jakarta adalah kota pesisir yang memiliki area berbentuk pulau di wilayah Utaranya. Pulau-pulau ini merupakan aset daerah yang harus dijaga keberadaannya. Pulau dapat berfungsi sebagai sumberdaya ekologis yang memberikan jasa lingkungan kepada wilayah sekitarnya. Pengambilan data pulau dilakukan dengan cara penelusuran data sekunder. Data pulau terdiri dari dua macam, yaitu pulau yang berpenduduk dan pulau yang tidak berpenduduk. Penelitian ini akan mencoba mengidentifikasi pulau-pulau yang terdaftar di dalam Gazeter Republik Indonesia Unsur Rupabumi Wilayah Laut tahun 2021. Tujuannya adalah memberikan informasi kepada khalayak umum tentang jumlah pulau terkini, kemudian memberikan rekomendasi kepada pihak terkait untuk melakukan upaya konservasi pulau-pulau tersebut. Hal ini penting dilakukan agar pulau-pulau tersebut tidak tenggelam. Identifikasi yang dilakukan berhasil mengindentifikasi 113 pulau yang terdaftar namanya dalam daftar pulau Gazeter Republik Indonesia Unsur Rupabumi Wilayah Laut tahun 2021 dengan 99 pulau tidak berpenduduk dan 14 pulau yang mempunyai penduduk.

References

Anonim. (1996). Undang-Undang No. 6 Tentang Perairan Indonesia.

Anonim. (2014). Undang-Undang No. 1 tahun 2014 perubahan atas Undang-Undang No. 27 tahun 2007 Tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir Dan Pulau-Pulau Kecil.

Anonim. (2017). Keputusan Presiden No. 6 tahun 2017 Tentang Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT).

Badan Informasi Geospasial (BIG). (2021). Gazeter Republik Indonesia Unsur Rupabumi Wilayah Laut. BIG. Cibinong.

Badan Riset Kelautan dan Perikanan (BRKP). (2003). Buku Panduan Survei Toponimi Pulau-Pulau di Indonesia. Jakarta.

Dahuri, R. (2013). Pengelolaan Pembangunan Pulau-pulau Kecil Secara Optimal dan Berkelanjutan. Bahan Kuliah: Pengelolaan Sumberdaya Pulau-pulau Kecil. IPB. Bogor.

Dahuri, R. Rais, J. dan Ginting, S.P. (2004). Pengelolaan Sumberdaya Wilayah Pesisir dan Lautan Secara Terpadu. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Dahuri, R. (2000). Kebijakan dan Program Nasional Mengembangkan Potensi Pulau-Pulau Kecil Sebagai Pusat Riset dan Industri yang Berkelanjutan dengan Berbasis Masyarakat. Jakarta: Makalah Lokakarya Pendekatan Penataan Ruang dalam Menunjang Pengembangan Wilayah Pesisir, Pantai dan Pulau-pulau Kecil.

Kusumah, G. dan Widjarnako, E. (2007). Identifikasi Teluk dan Tanjung di Teluk Bungus Berdasarkan Kaidah Toponimi Maritim. Jurnal Segara. 3 (2): 105 - 111.

Ramdhan, M. Amri, S.N. Priyambodo, D.G. (2019). Survey Identifikasi Pulau-pulau Tenggelam di Teluk Jakarta. Jurnal Riset Jakarta. Vol. 12. No. 1. hlm 1-6.

Delri, (2019). Country Report – Indonesia, 1st Session of the United Nations Group of Experts on Geographical Names (UNGEGN). New York.

Rais, J. (2003). Arti Penting Toponimi Pulau, Makalah Simposium Kadaster Laut. Jakarta. 14 Desember 2003.

United Nations. (1983). The Law of the Sea – UN Convention on the Law of the Sea 1982. UN Publication No. E.83.V.5. New York. NY.

Widodo, P. W. (2015). Penilaian Pulau Kecil Sebagai Dasar Pengembangan Investasi Ekowisata (Studi Kasus Pulau Pari, Pulau Payung Besar, dan Pulau Tidung Kecil Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta). Tesis. Sekolah Pascasarjana. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Yulius. (2009). Identifikasi Pulau-Pulau Di Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau Berdasarkan Kaidah Toponimi. E-Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis. Vol. 1. No. 2. Hal. 42-59. Desember 2009.

Zon, F. (2012). Hari Terakhir Kartosoewirjo, 81 Foto Eksekusi Imam DI/TII. Fadli Zon Library. Jakarta.

Published
2022-12-26
How to Cite
Yulius, Y., Lesmana Salim, H., & Ramdhan, M. (2022). Identifikasi Pulau-Pulau Di Provinsi DKI Jakarta Berdasarkan Gazeter Indonesia Unsur Rupabumi Wilayah Laut Tahun 2021: Islands Identification in DKI Jakarta Province Based on Indonesian Gazetteer Topographical Elements of the Sea Area in 2021. Jurnal Riset Jakarta, 15(2), 87-96. https://doi.org/10.37439/jurnaldrd.v15i2.63