Purwarupa Desain Sistem Administrasi Indeks Kepuasan Masyarakat pada Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta

The prototype of public satisfactory index for the administration system at Educational Service Office of the Jakarta Province

  • Titik Lusiani Universitas Dinamika, Surabaya
  • Septi Aisyah Duanasari Universitas Dinamika, Surabaya
Keywords: Sistem Informasi, Administrasi, Indeks Kepuasan Masyarakat, Disdik jakarta

Abstract

Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta (DISDIK Jakarta) memiliki visi yaitu mewujdukan pendidikan yang tuntas dan berkualitas untuk semua. Misi yang disusun agar Visi tercapai, salah satunya adalah meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pendidikan. Agar misi tersebut tercapai dengan baik, maka  DISDIK Jakarta memberikan pelayanan publik kepada masyarakat, agar dapat memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat. Sehingga DISDIK Jakarta  perlu menyusun  Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebagai tolok ukur untuk menilai tingkat kualitas pelayanan.  Karena kondisi pandemi, pembelajaran daring dan kendala teknis pembelajaran maka pelayanan kepada masyarakat perlu diperbaiki. Hal ini ditandai dengan adanya berbagai keluhan mayarakat yang disampaikan melalui media massa dan secara perorangan. Data keluhan antara lain yaitu banjir Keluhan PPDB Jakarta, Disdik Pertimbangkan Pembagian Waktu Pendaftaran Berdasarkan Jenjang. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik maka dirancang Purwarupa Desain Sistem Administrasi Indeks Kepuasan Masyarakat pada Dinas Pendidikan Provinsi Jakarta untuk mengelolah pendaftaran, perhitungan indeks kepuasan masyarakat, perhitungan pengaduan keluhan masyarakat dan tindak lanjut pengaduan keluhan masyarakat. Setelah menerapkan sistem ini maka proses perhitungan indeks kepuassan masyarakat dan pengaduan keluhan masyarakat di Klinik Pendidikan Dinas Pendidikan Jakarta dapat menghasilkan data yang akurat. Sehingga dengan mengetahui jumlah IKM dan keluhan masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik di Disdik Jakarta.

References

Arief, M. R. (2011). Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP dan SQL. C.V ANDI OFFSET. Yogyakarta.

Dameria, A. (2013). Color Basic Panduan Dasar Warna untuk Desainer & Industri. Link & Match. Graphic. Jakarta

Haryadi, H. (2009). Administrasi Perkantoran untuk Manajemen & Staf. Jakarta Selatan: Transmedia Pustaka.

Jessi (2021) “Banjir Keluhan PPDB Jakarta, Disdik Pertimbangkan Pembagian Waktu Pendaftaran Berdasarkan Jenjang”, https://megapolitan.kompas.com/read/2021/06/08/05440691/banjir-keluhan-ppdb-jakarta-disdik-pertimbangkan-pembagian-waktu?page=all [Diakses 8 Januari 2022]

Sugiarto, E. (2000). Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasa. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Kroenke, D., Bunker, D., & Wilson, D. (2013). Experiencing MIS. Computers. Pearson Higher Education AU. 647 pages

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.

Shienderman, B. P. C. (2010). Designing the User Interface. Addison Wesley Longman.

Sukamto, & Shalahuddin. (2013). Analisa dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

WEBARQ. (2010). Aplikasi Berbasis Web. Retrieved from https://www.webarq.com/id/aplikasi- berbasis-web.html [Diakses 8 Oktober 2021

Web Admin – PUSDATIKOMDIK, (2021), “Struktur Organisasi”, Retrieved from https://disdik.jakarta.go.id/article/1803[Diakses 8 Januari 2022]

Web Admin – PUSDATIKOMDIK, (2021), “Profile”, Retrieved from https://disdik.jakarta.go.id/profile/ [Diakses 8 Januari 2022]

Published
2022-08-11
How to Cite
Lusiani, T., & Duanasari, S. A. (2022). Purwarupa Desain Sistem Administrasi Indeks Kepuasan Masyarakat pada Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta: The prototype of public satisfactory index for the administration system at Educational Service Office of the Jakarta Province. Jurnal Riset Jakarta, 15(2), 57-68. https://doi.org/10.37439/jurnaldrd.v15i2.69
Abstract viewed = 633 times
pdf downloaded = 398 times